Tugas 3

3 Jun

KELOMPOK 4

NAMA :
1.HANDRIANUS TAN 331111187
2.ARI HIDAYAH 31111074
3.ADAM ALIF 30111096
4.MALIK AZIS 34111262
5.RUDIANT0 UTOMO 36111484

TUGAS 3

BAB 1
PERUSAHAAN KELUARGA DAN MASALAHNYA
1. APA ITU PERUSAHAAN KELUARGA ?
JAWAB :
Perusahaan yang masih menggantungkan kebijakan-kebijakannya pada sosok seseorang yang berkuasa mutlak seperti pendiri atau pemilik tunggal.Meskipun tidak selalu semua pekerjanya adalah anggota keluarga,selama para eksekutifnya masih tunduk kepada seseorang yang disebut pemiliknya berlabel perusahaan keluarga. Banyak perusahaan keluarga,terutama perusahaan-perusahaan skala UKM memperkerja orang lain untuk menempati posisi rendahan,sementara si pemengang perintah atau pengendali utama sepenuhnya masih dipegang oleh anggota keluarga.
Andaikan perusahaan tersebut telah berkembang menjadi besar pun,masih banyak para professional yang menjalankan harian operasionalnya,keputusan-keputusan para professional itu pun masih harus mematuhi atau tunduk terhadap persetujuan “KELUARGA”
Membahas perusahaan keluarga selalu ada pro dan kontra. Tidak bisa memasukan pandangan subjektif.karena setiap orang berpikir,bertindak,mengambil kesimpulan dari pengalaman-pengalaman yang pernah dialaminya dan mencari hal-hal umum yang terjadi dalam perusahaan keluarga. Kesulitan-kesulitan yang timbul ; meneruskan usaha kepada generasi berikutnya, penanganan konflik, pembagian keuntungan, pemilihan pewaris. Sama,meskipun dikerjakan oleh keluarga yang berbeda.
Warisan usaha diwarnai oleh warisan gaya hidup pula,warisan belief , kepercayaan yang tidak pernah secara sengaja dan sistematis diturunkan, tetapi terus-menerus mewarnai usaha tersebut,cara pengelolaannya,cara bergeraknya,cara menghadapi masalahnya. Sebuah kebiasaan dan terus-menerus dikerjakan dan menjadi budaya keluarga yang ikut diturunkan kepada generasi berikutnya.

2. MASALAH-MASALAH APA SAJA YANG DIHADAPI OLEH PERUSAHAAN KELUARGA DAN
BERIKAN SOLUSI DARI MASALAH TERSEBUT!
JAWAB :
Kuatnya peran keluarga bisa membuat usaha menjadi berkembang pesat dan solid akan tetapi ada pula masalah-masalah yang dihadapi. berikut merupakan masalah-masalah yang dihadapi dalam perusahaan keluarga,berserta solusinya :
Masalah yang dihadapi
• Para anggota keluarga khususnya pemimpin perusahaan masih bersikap SOLE PROPRIETOR.Sole proprietor merupakan pemilik tunggal yang tidak sanggup melihat uangnya mengalir untuk hal yang dianggap bisa dikerjakan sendiri. Sikap tersebut tidak dapat membuat perubahan atau kemajuan dalam perusahaan tersebut meskipun dia sendiri menjadi besar,tetapi keahliannya,tidak bisa di turunkan ke generasi selanjutnya.

Solusinya
 Para anggota keluarga khususnya pemimpin perusahaan masih bersikap ENTREPRENEUR. Para entrepreneur tidak khawatir dengan adanya perkembangan atau pertumbuhan,meskipun ia tahu resiko yang ditanggung ketika perusahaan menjadi lebih besar, bisa memaklumi bahwa adanya biaya-biaya yang mesti ditanggung dengan menjadi semakin besarnya perusahaan tersebut.

Masalah yang dihadapi

• Konflik nilai dan perbedaan gaya hidup,bisa dicontohkan dengan cerita tukang hot dog di Amerika sana yang melayani pelanggannya dengan gaya bapak keluarga dan menanyakan kabar para pelanggang? Satu-satu gerobak yang dia miliki menarik kerumunan orang banyak untuk menikmati hot dog dan cerita si tukang masaknya. Gerobak tidak pernah menjadi besar,akan tetapi anak pak hot dog menjadi besar dari hasil jualan si ayah. Sampai si anak pergi belajar manajemen di sekolah bisnis dan lulus dengan nilai yang gemilang. Ketika kembali ke kota asal, dia menerapkan ilmu manajemennya dengan pengetahuan yang ia peroleh, setelah menganalisa dari berbagai sudut pandang dan meperkirakan kas masuk yang dapat mengucur. Hasilnya,dibuatlah usaha hot dog si ayah lebih besar,menu yang lebih komplet dan merekrut beberapa karyawan detraining cara menggoreng sosis dan membukus hot dog-nya. Dan berakhirlah layanan ramah yang biasa muncul dari tangan gemuk si ayah,tak lama kemudian berakhirlah pula bisnis hot dog yang membuat si anak jadi sarjana bisnis.

Solusinya

 Dengan kemajuan yang dilakukan si anak dalam meneruskan usaha dari si ayah maka gaya berpikir dan gaya hidupnya pun berubah. Ia melupakan kebiasan yang sering dilakukan si ayah yaitu “keramahan”dalam melayani pelanggan. Agar bisnis dari si ayah bisa tetap bertahan maka ia harus terus mempertahankan cara-cara yang sering dilakukan si ayah.

Masalah yang dihadapi

• Suksesi keluarga,kurangnya keterampilan dari anggota keluarga yang akan meneruskan usaha keluarganya.

Solusinya

 Dalam mapping succession, pendahulu harus mampu menentukan keterampilan- keterampilan yang di miliki oleh anggota keluarga. Generasi pendahulu juga akan melakukan transfer wawasan kepada penerus yang memiliki perhatian dan jiwa yang sesuai dengan nilai-nilai bisnis yang dijalankan.

Masalah yang dihadapi

• Belum adanya Manajemen secara terstruktur.

Solusinya

 Perlu dibuatnya struktur kepemimpinan yang menjelaskan secara terperinci tanggung jawab dan hak masing-masing anggota keluarga.

Masalah yang dihadapi

• Beda pendapat dalam perusahaan keluarga.

Solusinya
 Perlu ada saling menghargai di dalam keluarga dan mau menerima masukan dan saran dari anggota keluarga agar bisa menyelesaikan masalah yang dihadapi

Masalah yang dihadapi

• Pembangunan kompetensi (pengambilan keputusan)

Solusinya

 Kompetensi di butuhkan dalam melakukan pengelolaan sebuah usaha.tidak ada yang terjadi begitu saja.perlu latihan,bahkan dalam membuat keputusan.Membuat keputusan,memperhitungkan resiko dan berani menanggung akibat keputusan tersebut termaksud salah satu kompetensi yang mesti dilatih di luar kompetensi-kompetensi teknis yang lain.

Masalah yang dihadapi

• Distribusi pendapatan yang adil

Solusinya

 Selalu ada konflik disini,besar atau kecil.kerena setiap orang merasa punya andil.sebagian orang takut kehilangan hak,selain lagi memang serakah.tetapi semuanya ada pada kelompok darah yang sama(kekeluargaan). Perintis atau pemegang kekuasaan sekarang ini mengawasi sumber daya yang ada dari seluruh anggota kelurga ,menentukan tingkat spesialisasi, melihat siapa-siapa yang hebat di area ini dan siapa yang hebat diarea itu,siapa yang hebat dalam memimpin seluruh armada.pendahulu mesti mefasilitasi komunikasi antar anggota keluarga,mengatur kewenangan dan kepercayaan. Sehingga suatu saat ketika,pada waktu menentukan siapa penerus perusahaan sudah terlebih dahulu diuji.

BAB 2
ASAL MUASALNYA

1.MENGAPA ROTI KECIK DISEBUT ROTI KECIK
JAWAB :
Roti kecik disebut demikian karena bentuknya seperti kecik biji,sawo,bulat lonjong.Begitu awal mulanya.Tetapi roti yang dimaksud memang bukan roti bakery,yang empuk dan berpori.Roti ini adalah roti dalam istilah jawa ,yang menyebut semua makan makanan yang berebahan tepung dan dioven bernama roti.Roti pisang yang empuk dan roti bolu memiliki tekstur berbeda tetapi di jawa tengah keduanya di sebut roti.Maka dikelompok orang berbahsa jawa.Anda akan ketemu dengan roti tawar,roti pisang,roti manis(seperti buns),roti mari(yang kering),roti santen termasuk roti cake yang tidak menujukan kelompok apapun kecuali sebagai makanan kudapan.
Roti kecik masuk dalam golongan biscuit,roti kering.Dan tidak mendapat perkecualian,tetap dinamakan roti.
Diawali dengan 2 bentuk;seperti biji sawo kecik yang bulat lonjong dan panjang seperti jari yang di sebut roti pentung.
Sekarang si kecik menjadilebih bundar karena di produksi oleh mesin.Si pentung tetap seperti pentung,jari-jari gemuk.Dengan nama keluarga “kecik”.
Bentuk yang dikembangkan kemudian adalah bentuk seperti roda bergigi,seperti bunga,yang dibuat dengan memanjangkan si pentung dan melekatkan kedua ujungnya lalu menggunting sedikit sisiluar lingkaran.Jadilah roda bergigi.Atau bunga dengan lubang di tengah.
Inilah ketiga bentuk klasik roti kecik.Tidak ada tambahan apa pun diluarnya.Cokelat tepung yang terbakar,begitu saja warnanya,tanpa polesan.

2. APA ITU GANEP JELASKAN!
JAWAB :
Nama Ganep yang berarti sehat jiwa dan raga,menunjukkan sebuah pengharapan yang sempurna,komplet,tuntas.Ganep menjadi nama yang manggis sekaligus anggun.
Roti kecik dan kue-kue buatan like Nio, penerima nama besar Ganep,telah menjadi cemilan pesanan keratin Surakarta memiliki kedekatan khusus dengan Ganep.kue-kue Ganep tetap menjadi pilihan untuk cemilan maupun oleh-oleh.Beberapa kemasan roti keciknya pun menunjukkan foto foto keraton.
Pembangunan took yang baru juga diresmikan oleh Gusti Dipo,sambil mengingat sebuah sejarah masa lalu yang patut untuk dibanggakan.Sebuah prasasti menjadi penanda kenangan itu: sebuah pekerjaan yang sempurna yang telah dimulai oleh AuwLiek Nio.
Cerita ini belum beranjak dari tahun 1881,kala itu kurang lebih Auw Like Nio berumur 40tahunan.Bersuamikan Tjan Tiang San ,Nyonya Nio sesungguhnya tidak ada bedanya dengan nyonya rumah lain yangberasal dari kelas pekerja.
Dengan penampilan sederhana dan perawakan kecil yang bisa kita lihat dari foto satu-satunya yang tertinggal,nyonya yang satu ini tampaknyabukan sembarang nyonya.Liek Nio menjadi gambaran seorang nyonya yang setia dengan apa yang dikerjakannya’
Sama seperti nyonya-nyonya keturunan Tionghoa lain waktu itu Like Niomemakai kebaya encim,yang sampai sekarangpun masih tren dengan nama kebaya Kartini model kebaya dengan leher panjang sampai ujung baju dan saling dikaitkan kiri kanan dengan peniti atau kancing.
Kegiatan perempuan kelas pekerja waktu itu kurang lebih samalah dengan perempuan-perempuan pekerja yang masih menanggung beban urusan rumah tangga sekarang ini.Cari duit iya,urus makan dan mandi anak juga iya,urusan kopi suami juga tidak lupa.
Tapi itu hal lumrah sehari harridan menimpa siapa saja sehingga tidak pernah ada keberatan .Tidak ada perempuan yang mempertanyakan kewajiban tumpang tindih seperti itu.Toh ,memang demikian yang umumnya terjadi.

BAB 3
PERJALAN GENERASI KELIMA

1.DARI MANAKAH OEKE BERASAL DAN CERIKAN SEDIKIT TENTANG DIA!
JAWAB :
Oeke berasal dari solo, di kota itu dia dilahirkan dan di besarkan. Di rumah keluarga besarnya di kawasan Tambaksegaran, yang juga dimanfaatkan untuk toko. Oleh sebab itu itu, roti kecik juga bukan kue asing buat ibu dengan dua anak ini.sejak kecil, oeke sudah terbiasa melihat ibu, nenek, dan para karyawan mengelola tepung ketan,telur dan gula dari camilan bulat yang enak itu.
Oeke, si bungsu dari generasi keempat pasangan ibu Oh Shing Thijiang dan Tries Nio adalah lulusan Universitas Sanata Dharma Yogyakarta yang kemudian memperdalam ilmu bahasanya di amerika serikat dan membuka kursus bahasa inggris di Kedoya Kebun Jeruk Jakarta Barat. Oeke akhirnya di beri tanggung jawab mengurus Ganep ketika Ganep dinobatkan menjadi PT.
Pada waktu Oeke masuk banyak pembenahan dilakukan, baik pembenahan fisik toko, maupun variasi produk yang dijual.terobosan-terobosan cara berpromosi juga di lakukan .dari berpameran kerja sama dengan instansi seperti sekolah dan perkumpulan-perkumpulan balap sepeda,menambah outlet-outlet ditempat-tempat umum seperti rumah sakit,bandara dan menambah kemitraan dengan pengrajin kue tradisional.jadilah, diawal dekade 1990-an,ia pulang kampong.mengulang nostalgia masa kecil dan remaja sambil mencicipi lagi roti kecik yang jadi cemilan oeke kecil.juga sembari bertemu dengan karyawan-karyawan ganep yang masih setia bekerja sejak masa generasi ketiga keturunan nyah ganep dan sudah dianggap sebagai bagian dari keluarga besar ganep. Rapat keluarga a lot tanpa jalan keluar. Dan akhirnya mami oeke ,mak tries memutuskan ganep tidak jadi dijual.ganep akan diteruskan dengan tenaga tersisa.
Untuk menyelamatkan Ganep, Bisnis rintisan Nyah Ganep itu dinaungi dalam sebuah badan hukum, perseroan terbatas, seperti yang diusulkan oleh Albert, menantu tertua Mark Tries. Oeke ditunjuk menjadi direktur utama,PT Ganep Tradisi Solo. Komisaris dijabat oleh Mark Tries dan posisi komisaris diisi Albert.

2. KAPAN TERJADINYA KERUSUHAN DI SOLO DAN APA PROBLEMA PADA GANEP?
JAWAB :
Awal mei 1998, Oeke dan beberapa karyawan Ganep yang ikut menjalankan Ganep di singapura, kembali ke solo, siap merayakan kesuksesan dengan pesta ala kadarnya saat itu 11 mei 1998. Dua hari kemudian, ketika kegembiraan perayaan sebelumnya bahkan belum terlupakan sama sekali, Ganep menghadapi kejutan baru. Kerusuhan meletus di Solo, setelah beberapa minggu indonesia menyaksikan dan mendengar berita soal demonstrasi mahasiswa di televisi menuntut pergantian rezim penguasa selama 32 tahun.
Demonstrasi berujung chaos. Jakarta rusuh, penjarahan, kebakaran, dan kekerasan terjadi dimana-mana. Aset –aset warga Keturunan tionghua dijarah, rumah mereka dibakar,beberapa perempuan keturunan bahkan mendapat perlakun tidak senonoh.Begitu brutalnya seolah para pelaku mempunyai hak istimewa untuk mengambil paksa harta warga keturunan.seolah warga keturunan itu bukan orang Indonesia.
Kerusuhan itu cepat sekali menular kesolo,melangkahi yogyakarta yang tetep tentram meskipun ada demonstrasi mahasiswa disana. Tanggal 13 mei 1998, hari sudah menjelang sore ketika kerusuhan mulai terjadi. Rumah-rumah segera ditutup, anak sekolahan dipulangkan, tempat kerja, kantor, toko, warung langsung di tutup. Warga bersenbunyi di balik pintu rumah ngeri dengan masa yang seperti kesetanan. Kebakaran mulai muncul disana-sini dari tengah kota bisa terlihat asap bagian selatan,utara,timur dan barat,merata tidak cukup membakar mereka juga menjarah apa yang bisa dijarah. Ganep adalah salah satu dari banyak korban. Oeke masih mengingat persis kejadian hari itu. Toko yang baru di tata ulang supaya lebih nyaman dan luas, remuk, setelah roti dan kue dagangan menjadi rebutan.

BAB 4

KETIKA TRADISIONAL BERTEMU DENGAN MODERN

1.APA ITU GARUT ?
JAWAB :
Garut ,ararut atau irut (maranta arundinacea) adalah sejenis tumbuhan yang menghasilkan umbi yang dapat dimakan.garut sendiri nampaknya belum pernah dibuat menjadi makanan pokok ,dan belum menjadi komoditas sendiri seprti tepung terigu.sering kali garut hanya menjadi tanaman yang ditanam di pekarangan pedesaan,padahal umbi garut menghasilkan pati yang berkualitas tinngi ,dengan kehalusan dan bau yang wangi dan sedap.jelas harganya juga lebih mahal dari terigu.garut susah dicari,tetapi garut tanaman tropis .makan garut tidak akan membuat perut kembung melainkan mengobati perut kembung bahkan disarankan buat mereka yang diet,anak-anak dengan kecenderungan terlalu aktif,asperger autisme ,bahkan aman untuk bayi,baik di komsumsi oleh orang yang baru sembuh dari sakit karena mudah dicerna.maka penderita masalah pecernaan usus dan sebagainya bolehlah mencoba pada tepung ini sebagai alternatif makanan yang bisa di konsumsi dan umbinya bisa bigitu saja direbus dan dimakan,manis-manis gurih meskipun seratnya bisa sungguh mengganggu gigi.

2.BAGAIMANA GANEP BISA TERUS BERTAHAN?
JAWAB :
Setelah perjalanan yang begitu panjang, wajarlah ganep juga berubah sesuai zamannya. Oeke tahu agar bisa tetap bertahan ganep harus berubah,berubah supaya tetap terjaga kerjaga keberadaannya yang menjadi catatan hanyalah bahwa perubahan itu tetap menyeret tradisi yang sudah terlanjur ,menjadi budaya di ganep.terutama budaya cara kerja yang masih sangat mempercayakan pada kerja keras dan niat baik.
Maka kalau anda dating ke ganep sekarang ,ada suasana toko kue modern yang menyambut.Pintu dan jendela kaca bening yang besar memberikan celah buat calon pengunjung atau untuk orang-orang yang sekedar lewat untuk melihat kue dan roti yang terpanjang.toko memiliki papan nama besar tertulis Ganep Tradisi Solo tentu dengan warna-warna cerah yang menarik yang merupakan kas ganep ,oranye dan ungu mudah ditemukan mudah dilihat.

Masuk kedalam toko,kita disambut dengan jajaran kursi dan meja besi yang disediakan baik untuk tamu-tamu ganep maupun untuk para pembeli yang ingin makan di tempat. Persis pada jalan menuju pintu kaca ganep,ada lukisan diatas lantai,lingkaran dengan lingkaran yang lebih kecil bertanda tahun 1881,tahun lahirnya ganep.ditembok luar terpasang prasasti yang ditanda tangani oleh gusti dipo,menunjukan sebuah memoir nama ganep yang di anugerahi oleh sinuhun pakubuwono X pada masa auw like nio, nyah ganep.generasi ke generasi tidak melupakan leluhur,mengingat selalu bahwa apa yang dicapi sekarang adalah jerih payah leluhur.hormat kepada tradisi kekeluargaan juga sebuah penghormatan pada leluhur yang percaya bahwa manusia telah ditentukan porsi dan tugasnya masing-masing didunia.maka apa yang ada mesti diterima dengan hati yang lapang ,dengan muka gembira dan kerja yang sungguh-sungguh.semua niat baik akan menjadikan pekerjaan yang baik,semua pekerjaan yang baik akan menghasilkan yang baik pula sekarang dan nanti.

BAB 5

BUMI ADALAH TEMPAT BERBAGI

1.MENGAPA GANEP SELALU DINAMIS MESKIPUN TIDAK AMBISIUS !
JAWAB :
Memang susah membedakan keduanya,tetapi ganep tidak diam-diam menunggu pelanggan dating.banyak cara di gelar,banyak variasi kue ditambah,banyak perbaikan disana-sini tetapi ganep tidak membuat target seperti penambahan outlet di tahun kesekian.penambahan outlet baru akn dilakukan hanya pada waktu ada kesiapan uang maupun SDM yang menangani. Pembukaan outlet baru adalah kegiatan para karyawan,yang menginginkan,yang akan terlibat didalamnya,bukan rencana dari pemilik.
Inilah salah satu cerita tentang pembukaan sebuah outlet baru.
Si Maryati datang datang dan menjdi karyawan bagian bungkus.hasilnya lumanyan buat beli teh,tetapi tidak untuk menopang kehidupan sebuah keluarga.dua tahun menjadi tukang bungkus ,datang kesempatan mejajakan roti di daerah pasar klewer,daerah pasar yang berada di pusat kota.maryati mengambil kesempatan itu.setiap hari dia mengakut kue-kue itu ke pasar klewer,menempati posisi pemiliknya yang sudah meninggal.maka setiap hari saju juta di bawah pulang.ada setoran yang mesti dibayarkan kepada ganep sebagai pembeli roti,sisa lebih dari cukup untuk dia ambil sendiri.jauh lebih besar dari pada hasil menjadi tukang bungkus.
Kesempatan ditawarkan,tidak ada penunjukan.siapa mau lebih serius,siapa mau menjadi lebih besar diberi jalan.
2. APA YANG DIMAKSUD DENGAN BAHAN NONTERIGUN ?
JAWAB :
Bahan nonterigu adalah nongluten,yang baik untuk kesehatan.karena gluten bisa mengurangi penyerapan gizi dari asupan makanan lain.maka ada orang yang mesti berdiet gluten.orang-orang yang menderita ceriac disease (sakit pencernaan),radang sendi mereka memiliki banyak alternatif camilan sehat apalagi kalau gula yang dipakai juga gula khusus.buat mereka yang tidak berdiet pun bahan nonterigu menjadi alternatif sumber nutrisi.
jadi bisa dikatakan kue-kue tradisional memang aslinya dibuat tanpa terigu.meskipun kita memiliki ladang gandum lumanyan besar,terigu bukan tanaman asli Indonesia.hampir semua kue rakyat asli Indonesia ,diambil dari bahan-bahan kebun dan ladang sendiri yang sudah lama menghuni persawahan dan kebun.sekarang memang ada gandumyang bisa dipanen di jawa,tetapi jawa juga punya keledai,ketan,beras,dan padi-padian lainnya.jawa punya jenis umbi-umbian yang asyik juga kalau diolah jadi bahan pangan:ketela rambat,ubi pohon(cassava), dan umbi-umbian lain seperti talas dan garut.begitu banyak ragamnya apalagi kalau dibandingkan dengan satu macam bahan,terigu.
Padahal itu baru jawa, ada 4 pulau besar lainnya di Indonesia,dan ribuan pulau-pulau kecil yang banyak menghasilkan bahan baku altenatif.

sumber : KETANGGUHAN PERUSAHAAN KELUARGA LEBIH DARI 1 ABAD
PENI R.PRAMONO
ELEX MEDIA

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: