TUGAS KELOMPOK 3 HANDRIANUS WALMOND TAN 33111187 2DB05

27 Sep

Bidang visual
1.

Implementasi grafik computer

Computer-Aided Design (CAD)

CAD adalah alat bantu berbasis komputer yang digunakan dalam proses analisis dam desain, khusunya untuk sistem arsitektural dan engineering. CAD banyak digunakan dalam mendesain bagunan, mobil, pesawat, komputer, alat-alat elektronik, peralatan rumah tangga, dan berbagai produk lainnya. Contoh aplikasinya: AutoCAD.

Computer-Aided Sofware Engineering (CASE)

CASE mirip dengan CAD tetapi digunakan dalam bidang sofware engineering. CASE digunakan dalam memodelkan user requirement, pemodelan basisdata, workflow dalam proses bisnis, struktur program, dan sebagainya. Contoh aplikasi: Rational Rose, SyBase Power Designe.

Virtual Reality

Virtual Reality adalah lingkungan virtual yang seakan-akan begitu nyata di mana user dapat berinteraksi dengan objek-objek dalam suasana atau lingkungan 3 dimensi. Perangkat keras khusus digunakan untuk memberikan efek pemadangan 3 dimensi dan memampukan user beriteraksi dengan objek-objek yang ada dalam lingkungan. Aplikasi ini dapat memberikan keutungan berupa mengurangi resiko cedera selama latihan, mengurangi biaya penerbangan, melatih perwira sebelum melakukan terjun payung sesungguhnya.

Visualisasi Data

Visualisasi Data adalah teknik-teknik membuat image, diagram, atau animasi untuk mengkomunikasikan pesan. Visualisasi telah menjadi cara yang efektif dalam mengkomunikasikan baik data atau ide abstrak maupun nyata sejak permulaan manusia.

Bidang hiburan

pada film, grafik komputer menghasilkan efek animasi yang baik.

Sejarah perkembangan computer grafik

• Awal tahun 60-an dimulainya model animasi dengan menampilkan simulasi efek fisik
• 1961 : Edward Zajac menyajikan suatu model simulasi satelit dengan menggunakan teknologi Grafik Komputer
• 1963 :
– ditermukan Sutherland (MIT)
– Sketchpad (manipulasi langsung, CAD)
– Alat untuk menampilkan Calligraphic (vector)
– Mouse oleh Douglas Englebert
• 1968 : ditemukan Evans & Sutherland
• 1969 : Journal SIGGRAPH pertama kali diterbitkan
• 1970 : Pierre B´eezier mengembangkan kurva B´eezier
• 1971 : ditemukan Gouraud Shading,
• 1972 : ditayangkannya filmWestworld, sebagai film pertama yang menggunakan animasi komputer
• 1974 : Ed Catmull mengembangkan z-buffer (Utah). Komputer animasi pendek, Hunger:Keyframe animation and morphing
• 1976 : Jim Blinn mengembangkan texture dan bump mapping
• 1977 : Film terkenal Star Wars menggunakan grafik komputer
• 1979 : Turner Whitted mengembangkan algoritma ray tracing,untuk pesawat Death Star
• Pertengahan tahun 70-an hingga 80-an: Pengembangan Quest for realism radiosity sebagai main-stream aplikasi realtime
• 1982 : Pengembangan teknologi grafik komputer untuk menampilkan partikel
• 1984 : Grafik Komputer digunakan untuk menggantikan model fisik pada film The Last Star Fighter
• 1986 : Pertama kalinya Film hasil produksi grafik komputer dijadikan sebagai nominasi dalam Academy Award: Luxo Jr. (Pixar).
• 1989 : Film Tin Toy (Pixar) memenangkan Academy Award.
• 1995 : Diproduksi fillm Toy Story (Pixar dan Disney) sebagai film 3D animasi panjang pertama
• Akhir tahun 90-an, ditemukannya teknologi visualisasi interaktif untuk ilmu pengetahuan
dan kedokteran, artistic rendering, image based rendering, path tracing, photon maps, dll.
• Tahun 2000 ditemukannya teknologi perangkat keras untuk real-time photorealistic
rendering

2. Implementasi olah citra di bidang kesehatan


Salah satu aspek yang terkena efek perkembangan dunia IT adalah kesehatan.
Contoh pengaplikasian dunia IT di dunia kesehatan adalah penggunaan alat-alat kedokteran yang mempergunakan aplikasi komputer, salah satunya adalah USG

Monitor

merupakan perangkat yang digunakan untuk menampilkan display hasil USG
dan mengetahui arah dan gerakan jarum menuju sasaran.

Mesin USG

merupakan bagian dari USG dimana fungsinya untuk mengolah data yang diterima dalam bentuk gelombang. Mesin USG merupakan CPU dalam teknologi USG sehingga di dalamnya terdapat komponen-komponen yang sama seperti pada CPU pada PC termasuk untuk mengubah gelombang hasil USG menjadi gambar.

Sejarah perkembangan olah citra di bidang kesehatan
USG-USG 2D
Sejarah alat USG dimulai akhir 70an, sebelum ada USG hanya foto sinar-X / rontgen. Generasi awal masih sangat tidak praktis, kira2 alatnya sebesar lemari es 2 pintu tetapi perkembangan iptek demikian pesat sampai dalam kurun 2 dekade saja sudah demikian majunya,sehingga hampir setiap tahun ada teknologi yang ditambahkan. USG 2 Dimensi masih merupakan dasar seluruh alat USG saat ini, artinya walau sebuah mesin USG dijual dg label 4 dimensi, tetaplah berdasar sistem 2 dimensi.

USG 3D
USG 3 dimensi yang lahir kira2 3-4 tahun yg lalu; adalah pengembangan 2 dimensi panjang lebar yang dengan proses komputer (segala macam processor2 yang baru, Pentium,AMD dll ) dapat dibuat rekonstruksi dari potongan2 gambar 2 D menjadi tampilan 3 D dilayar monitor; sehingga kita bisa melihat apakah bayi dahinya nonong, hidungnya mancung, bibirnya dower dsb. Untuk mendapat gambar tsb operator USG tetap membuat gambar 2 D (banyak potongan2 yg dibuat) kemudian memory potongan2 gambar tsb di rekonstruksi oleh komputer dan tampak 3D di layar.Jadi USG 3 D sangat makan waktu ( time consuming ); melelahkan dokter dan pasien. Gambar yang ditampilkan dilayar monitor “TIDAK BERGERAK” walau 3 dimensi.

USG 4 D
Begitu hebatnya perkembangan iptek, dengan processor2 mutakhir(Pentium 3 dan 4 ) ; maka rekonstruksi gambar potongan 2 D begitu cepatnya sehingga tampak dilayar monitor suatu gambar 3 dimensi yang “bergerak” secara “real time” ; nah inilah yang pada saat ini disebut ” empat dimensi”!!

Usaha kelompok kami dalam mengerjakan tugas ini dengan cara browsing di internet melalui laptop di kostan teman sekelompok.
Sumber : http://www.google.com 27 SEPTEMBER 2012,KAMIS, 12.00WIB
http://www.blogspot.com 27 SEPTEMBER 2012,KAMIS, 12.00WIB
wartawarga UG 27 SEPTEMBER 2012,KAMIS, 12.00WIB
NAMA KELOMPOK 3 :
1. ANDI MUHAMMAD AZHARI 38111293
2. HANDRIANUS WALMOND TAN 33111187
3. RIYAN EKA PUTRA 36111293

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: