Tugas

11 Okt

Sistem Informasi Manajemen 1#

Nama : Handrianus Walmond Tan

NPM  : 33111187

Kelas  : 2DB05

Bagian  1

PENGANTAR  SISTEM INFORMASI DASAR-KOMPUTER

Pengertian sistem

Sistem adalah sekelompok elemen yang terintergrasi dengan maksud yang sama untuk mencapai suatu tujuan.

Pengertian informasi

Informasi adalah salah satu jenis utama sumber daya yang tersedia sebagai manajer.informasi dapat dikelola seperti halnya sumber daya yang lain,dan bersumber pada 2 pengaruh yaitu :

v  Meningkatnya Kerumitan Kegiatan Bisnis

Bisnis memang selalu rumit,tetapi sekarang ini lebih rumit dibandingkan sebelumnya.semua perusahaan terkena pengaruh ekonomi internasional dan bersaing dalam pasar internasional,teknologi bisnis menjadi semakin rumit,batas waktu untuk bertindak semakin singkat,dan terdapat pula kendala-kendala sosial.

v Kemampuan Komputer yang Semakin Baik

Dalam hal ukuran dan kecepatannya,komputer-komputer tahun 1950-an dan 1960-an tampak seperti dinosaurus dari jurassic park. Komputer-komputer ini ditempatkan dalam ruangan besar,dan hanya boleh disentuh oleh para spesialis komputerperusahaan.Namum para pemakai sekarang,sebaliknya,sangat mungkin memiliki terminal keyboard atau komputer mikro diruangan mereka. banyak komputer mikro yang dihubungkan dengan komputer-komputer lain dalam suatu jaringan. Para pemakai sekarang tidak memandang komputer sebagai sesuatu yang istimewa tetapi sebagai bagian peralatan kantor yang dibutuhkan,seperti halnya meja,telepon,atau mesin fotokopi.

Pengetahuan Manajemen

Istilah “mengerti” digunakan untuk menggambarkan dua jenis pengetahuan yang merupakan kunci untuk menggunakan komputer. Pengetahuan yang satu adalah mengerti komputer dan yang lain mengerti informasi.

Mengerti Komputer

Pengetahuan ini mencakup pengertian mengenai istilah-istilah komputer,kemampuan menggunakan komputer dan sebagainya.

Mengerti Informasi

 Pengetahuan ini meliputi pengertian bagaimana menggunakan informasi pada tiap tahap dari proses pemecahan masalah, dimana informasi dapat diperoleh, dan bagaimana berbagi informasi dengan orang lain.

Bagian  2

MENGGUNAKAN TEKNOLOGI INFORMASI UNTUK KEUNGGULAN KOMPETITIF

Keunggulan Kompetitif

Keunggulan kompetitif dapat dicapai melalui banyak cara,seperti menyediakan barang dan jasa dengan harga yang murah,menyediakan barang dan jasa yang lebih baik dari pesaing,dan memenuhi kebutuhan khusus suatu segmen pasar tertentu.

Jenis-jenis sumber daya informasi :

  • Ø Perangkat Keras komputer
  • Ø Perangkat lunak komputer
  • Ø Spesialis informasi
  • Ø Pemakai
  • Ø Fasilitas
  • Ø Database
  • Ø Informasi

Perencanaan Strategis Sumber Daya Informasi

Selama beberapa tahun terakhir,jasa informasi mungkin telah mencurahkan lebih banyak perhatian pada perencanaan strategis dari pada sebagian besarbidang yang lain. Aktivitas ini awalnya adalah transformasi kumpulan strategi atau istilah yang lebih baru, yaitu Perencanaan Strategis Sumber Daya Informasi

  Bagian  3

MENGGUNAKAN TEKNOLOGI INFORMASI UNTUK IKUT SERTA DALAM PERDAGANGAN MELALUI JARINGAN INTERNASIONAL

 

PERDAGANGAN MELALUI JARINGAN INTERNASIONAL

Perdagangan melalui jaringan elektronik dapat didefenisikan dengan sangat sempit: dapat dikatakan hanya mencakup transaksi bisnis yang berhubungan dengan pelanggan dan pemasok, dan sering digambarkan dalam hal internet, seolah-olah tidak ada alternatif komunikasi lain.

Manfaat yang di Antisipasi dari perdagangan melalui jaringan elektronik

Perusahaan-perusahaan ikut serta dalam perdagangan melalui jaringan elektronik untuk mencapai perbaikan di seluruh organisasi. Perbaikan ini diharapkan dapat menghasilkan 3 manfaat utama:

  • Ø Pelayanan pelanggan yang lebih baik
  • Ø Hubungan dengan pemasok dan masyarakat keuangan yang lebih baik
  • Ø Pengambilan atas investasi pemegang saham dan pemilik yang meningkat

Manfaat-manfaat ini berkontribusi pada stabilitas keuangan perusahaan dan kemungkinannya untuk bersaing dengan yang lebih baik dalam dunia bisnis yang semakin terikat untuk menggunakan teknologi komputer. 

Kendala Perdagangan melalui jaringan elektronik

Tidak semua perusahaan ikut dalam keramaian perdagangan melalui jaringan elektronik dalam survei tahun 1996, 60 persen dari perusahaan yang menjawab menunjukkan bahwa mereka tidak mengharapkan perdagangan melalui jaringan elektronik dan tidak memiliki rencana untuk melakukannya karena biaya yang tinggi, masalah keamanan, perangkat lunak yang belum mapan atau tidak tersedia.

Jalan menuju perdagangan melalui jaringan elektronik

Ketika para eksekutif perusahaan memutuskan bahwa manfaat yang diantisipasi melebihi kendalanya dan membuat keputusan untuk “jalan” mereka memahami bahwa penerapannya akan menjadi suatu tugas raksasa.

Strategi Perdagangan Melalui Jaringan Ekonomi

Untuk tiap masalah, ada beberapa kemungkinan solusi,dan situasi ini dapat diterapkan permasalahan penentuaan strategi terbaik perdagangan melalui jaringan ekonomi. Nama yang diberikan untuk strategi ini adalah sistem antar-organisasi(IOS). Istiah lain adalah EDI, yang berarti pertukaran data elektronik.

Bagian  4

PENGGUNAAN KOMPUTER DI PASAR INTERNASIONAL

Komputer mula-mula digunakan pada tingkat lokal untuk memecahkan permasalah lokal. Sekarang situasinya jadi berbeda komputer digunakan untuk mengelola sumber daya yang luas dari perusahaan-perusahaan yang memandang seluruh dunia sebagai pasar mereka.

Strategi Bisnis Global

Masuk ke pasar internasional merupakan suatu petualangan baru. Bagi yang lainnya, hanya meneruskan filosofi manajemen yang telah menpengaruhi perusahaan semenjak keberadaannya.

Penggerak Bisnis Global

Daya yang mendorong sistem informasi global yang pertama adalah keinginan untuk mencapai skala. Perusahaan melakukan investasi yang besar pada sistem terutama untuk mengelola operasi domestik mereka, dan perluasan aplikasi untuk menyertakan operasi internasional awalnya hanya dianggap sebagai “hiasan” dan ketika perusahaan mulai menggunakan komputer secara global,mereka mulai menyadari luasnya keuntungan-keuntungan  ini di kenal sebagai penggerak bisnis global.

Masalah dalam Menerapkan Sistem Informasi Global

Kendala Politis

Pemerintah negara tempat anak perusahaan berada dapat memaksakan beragam pembatasan yang menyulitkan perusahaan induk untuk menyertakan anak perusahaan dalam jaringan.

Pembatasan Pembelian dan Import Perangkat Keras

Pemerintah nasional berusaha melindungi perusahaan manufaktur lokal dan mendorong investasi asing dengan menentukan hanya peralatan yang diproduksi atau dirakit didalam negeri yang boleh digunakan.

Pembatasan Pemrosesan Data

kebijakan nasional mungkin mengharuskan data diproses dalam negeri dari pada dikirim keluar negeri dan diproses ditempat lain.

Pembatasan Komunikasi Data

Pembatasan komunikasi data yang paling umum adalah pembatasan atas arus data lintas-batas  merupakan perpindahan data yang dapat dibaca mesin melintasi perbatasan negara.

Permasalahan Teknologi

Masalah-masalah yang berkaitan tingkat teknologi yang ada ditempat negara anak perusahaan berada. Di sejumlah negara,tidak tersedia cukup sumber energi,yang menyebabkan sering terjadinya pemadaman listrik.

Kurangnya Dukungan Dari Manager Anak Perusahaan

Manager anak perusahaan sering juga jadi masalah,Sebagian yakin bahwa mereka dapat menjalankan anak perusahaan tersebut tanpa bantuan,dan mengganggap standar baru sebagai hal yang tidak perlu. Beberapa manager anak perusahaan dibayar berdasarkan porfistabilitas dan mereka enggan mengikuti solusi perusahaan yang mereka anggap akan menurunkan pendapatan mereka.

 

Bagian   5

IMPLIKASI ETIS DARI TEKNOLOGI INFORMASI

Moral,Etika,dan Hukum

Moral adalah tradisi kepercayaan mengenai perilaku benar dan salah. Moral adalah institusi sosial dengan suatu sejarah dan daftar peraturan.

Etika adalah satu set kepercayaan, standar atau pemikiran yang mengisi suatu individu, kelompok atau masyarakat. Semua individu bertanggung jawab kepada masyarakat atas perilaku mereka.

Hukum adalah peraturan perilaku formal yang dipaksakan oleh otoritas berdaulat, seperti pemerintah kepada,rakyat atau warga negaranya.

Menempatkan Moral, Etika dan Hukum dalam Prespektif

Kita dapat melihat bahwa penggunaan komputer dalam bisnis diarahkan oleh nilai-nilai moral dan etika dari para manajer,spesialis informasi dan pemakai,dan juga hukum yang berlaku.

 

Perlunya Budaya Etika

Pendapat luas yang terdapat dalam bisnis adalah bahwa perusahaan mencerminkan kepribadian pemimpinnya.

Bagaimana budaya etika diterapkan :

  1. Corporate credo

Pernyataan ringkas mengenai nilai-nilai yang ditegakkan perusahaan. Tujuan credo ini adalah menginformasikan orang-orang dan organisasi-organisasi baik didalam maupun diluar perusahaan mengenai nilai-nilai etis perusahaan.

  1. Program Etika

Suatu sistem yang terdiri dari berbagai aktifitas yang dirancang untuk mengarahkan pegawai dalam melaksanakan corporate credo. Aktifitas umum dilakukan adalah pertemuan orientasi yang dilaksanakan bagi pegawai baru.

  1. Kode Etik Khusus Perusahaan

Banyak perusahaan telah merancang kode etik mereka sendiri. Kadang-kadang kode ini di adaptasi dari kode etik industri tertentu.

Alasan Pentingnya Etika Komputer 

James moor menyatakan ada tiga alasan utama atas minat masyarakat yang tinggi pada etika komputer yaitu :

  1. Kelenturan Logis

Kemampuan memprogram komputer untuk melakukan apapun yang kita inginkan. Komputer bekerja tepat seperti yang di instuksikan oleh programernya.

  1. Faktor Transformasi

Alasan kepedulian pada etika komputer ini didasarkan pada fakta bahwa komputer dapat mengubah secara drastis cara kita melakukan sesuatu.

  1. Faktor Tak Kasat Mata

Alasan ketiga minat masyarakat pada etika komputer adalah karena komputer dipandang sebagai suatu kotak hitam. Semua operasi internal komputer tersembunyi dari penglihatan.maka ini membuka peluang pada nilai-nilai pemrogram yang tidak terlihat,perhitungan rumit dan penyalahgunaan yang tidak terlihat.

 

Hak sosial dan komputer

Masyarakat memiliki hak-hak tertentu dengan penggunaan komputer. Hak ini dapat dipadang dari segi komputer atau dari segi informasi yang dihasilkan komputer.

Hak atas komputer

Komputer merupakan peralatan yang penuh begitu daya sehingga tidak dapat di pisahkan dari masyarakat. Masyarakat memiliki hak atas akses komputer, keahlian komputer, spesialis komputer, dan pengambilan keputusan komputer.

Etika dan Spesialis Informasi

Banyak peneliti yang telah mempelajari keyakinan etis para spesialis informasi. Sejumlah penelitian tela dilakukan baik pada spesialis informasi yang bekerja maupun pada mahasiswa Sistem Informasi. Penelitian ini biasanya menggunakan skenario pertentangan etika, yang merupakan penggambaran tindaka-tindakan tertentu yang harus dievaluasi oleh subjek sebagi etis atau tidak etis.

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: