Sampingan 26 Okt

Handrianus Walmond Tan

33111187

2DB05

 

Bagian  3

MENGGUNAKAN TEKNOLOGI INFORMASI UNTUK IKUT SERTA DALAM PERDAGANGAN MELALUI JARINGAN INTERNASIONAL

 

PERDAGANGAN MELALUI JARINGAN INTERNASIONAL

Perdagangan melalui jaringan elektronik dapat didefenisikan dengan sangat sempit: dapat dikatakan hanya mencakup transaksi bisnis yang berhubungan dengan pelanggan dan pemasok, dan sering digambarkan dalam hal internet, seolah-olah tidak ada alternatif komunikasi lain.

 

Manfaat yang di Antisipasi dari perdagangan melalui jaringan elektronik

Perusahaan-perusahaan ikut serta dalam perdagangan melalui jaringan elektronik untuk mencapai perbaikan di seluruh organisasi. Perbaikan ini diharapkan dapat menghasilkan 3 manfaat utama:

  • Ø Pelayanan pelanggan yang lebih baik
  • Ø Hubungan dengan pemasok dan masyarakat keuangan yang lebih baik
  • Ø Pengambilan atas investasi pemegang saham dan pemilik yang meningkat

Manfaat-manfaat ini berkontribusi pada stabilitas keuangan perusahaan dan kemungkinannya untuk bersaing dengan yang lebih baik dalam dunia bisnis yang semakin terikat untuk menggunakan teknologi komputer. 

 

 

 

Kendala Perdagangan melalui jaringan elektronik

Tidak semua perusahaan ikut dalam keramaian perdagangan melalui jaringan elektronik dalam survei tahun 1996, 60 persen dari perusahaan yang menjawab menunjukkan bahwa mereka tidak mengharapkan perdagangan melalui jaringan elektronik dan tidak memiliki rencana untuk melakukannya karena biaya yang tinggi, masalah keamanan, perangkat lunak yang belum mapan atau tidak tersedia.

Jalan menuju perdagangan melalui jaringan elektronik

Ketika para eksekutif perusahaan memutuskan bahwa manfaat yang diantisipasi melebihi kendalanya dan membuat keputusan untuk “jalan” mereka memahami bahwa penerapannya akan menjadi suatu tugas raksasa.

Tugas – tugas intelijen dasar

  1. Mengumpulkan data
  2. Mengevaluasi data
  3. Menganalisis data
  4. Menyimpan intelijen
  5. Menyebarkan intelijen

 

Strategi Perdagangan Melalui Jaringan Ekonomi

Untuk tiap masalah, ada beberapa kemungkinan solusi,dan situasi ini dapat diterapkan permasalahan penentuaan strategi terbaik perdagangan melalui jaringan ekonomi. Nama yang diberikan untuk strategi ini adalah sistem antar-organisasi(IOS). Istiah lain adalah EDI, yang berarti pertukaran data elektronik.

Sistem Antar-organisasi (IOS)

IOS(Interorganizational system/Sistem Antar-organisasi)adalah suatu kombinasi perusahaan – perusahaan terkait  sehingga mereka berfungsi sebagai suatu sistem tunggal yang bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama.perusahaan – perusahaan yang membentuk IOS disebut mitra dagang atau mitra bisnis.

Manfaat IOS

Efisiensi Komparatif

  • Efisiensi internal
    Terdiri dari perbaikan – perbaikan dalam operasi perusahaan itu sendiri,sehingga memungkinkan perusahaan  untuk mengumpulkan data lebih cepat ,menganalisis lebih cepat ,dan membuat keputusan lebih cepat .
  • Efisiensi antar-organisasi
    Mencakup perbaikan- perbaikan yang diperoleh melalui kerja sama dengan perusahaan lain.perbaikan ini memungkinkan perusahaan untuk menawarkan lebih banyak barang dan jasa serta lebih mudah mengumpulkan data lingkungan.

Pertukaran Data Elektronik(EDI)

 Pertukaran data elektronik adalah transmisi data dalam bentuk yang                                              terstruktur  dan dapat dibaca mesin secara langsung dari komputer ke komputer diantara beberapa perusahaan.hubungan yang lebih umum membentuk kaitan antara perusahaan dan pemasoknya dan pelanggannya.

Mitra Bisnis proaktif dan reaktif

Ketika perusahaan memutuskan untuk menerapkan EDI,perusahaan dapat melakukannya secara proaktif dan reaktif.

Pengaruh penerapan

  1. Tekanan persaingan
  2. Kekuasaan yang dilaksanakan
  3. Kebutuhan intern
  4. Dukungan manajemen pusat

Manfaat  EDI

Beberapa manfaat EDI langsung berasal dari teknologi.ini adalah manfaat langsung dari pengurangan kesalahan,pengurangan biaya,dan peningkatan efesiensi operasional .

Metodologi perdagangan melalui jaringan elektronik

Sekarang,ketika para manajer memikirkan bagaimana menerapkan IOS agar dapat ikut serta dalam perdagangan melalui jaringan elektronik,ada dua alternatiaf metodologi yaitu SLC dan BPR.

Rancang Ulang Proses Bisnis

  1. 1.     Rekayasa mundur

Rekayasa mundur berasal dari intelijen bisnis.perusahaan mengikuti perkembangan terakhir produk pesaing dengan membeli contoh produk dan membokarnya untuk melihat cara kerjanya.

Untuk komputer,rekayasa mundur adalah proses menganalisa suatu sistem untuk mengidentifikasi elemen – elemennya dan antar-hubungannya,serta untuk menciptakan dokumentasi dalam tingkat abstraksi yang lebih tinggi dari yang sekarang ada.

  1. 2.     Restrukturisasi

Restrukturisasi adalah informasi suatu sistem menjadi bentuk lain tanpa mengubah fungsionalitasnya.seperti halnya rekayasa mundur restrukturisasi dapat dilakukan dalam arah mundur melalui tiap tahap dari siklus hidup sistem.

  1. 3.     Rekayasa ulang

 Rekayasa ulang adalah rancang ulang lengkap suatu sistem dengan tujuan mengubah fungsionalitasnya. Pengetahuan itu adapat diperoleh dengan pertama-tama dilihat dengan rekayasa mundur.

Rancang ulang proses bisnis dan EDI

Menerapkan EDI tanpa terlibat BPR adalah mungkin. Perusahaan juga terlibat dalam BPR tanpa menyertakan EDI dalam rancangan baru. Namun, mengkombinasikan EDI dengan BPR cukup populer.

 

 

 

Teknologi perdagangan melalui jaringan Elektronik

Komunikasi data adalah bidang komputasi yang sedang mendapatkan perhatian paling besar, dengan internet dalam sorotan. Internet membuka berbagai peluang baru dihampir semua bidang bisnis, termaksud perdagangan melalui jaringan elektronik.

Pilihan Teknologi

Sambungan langsung

Perusahaan dapat membentuk kaitan komunikasi data dengan paramitra dagangnya dengan menggunakan sirkuit yangdisediakan oleh penyedia jasa telekomunikasi umum seperti AT&T, GTE, MCI dan SPRINT. Sirkuit-sirkuit itu berbentuk saluran dial-up atau pribadi dan dapat menggunakan beragam jenis sirkuit seperti serat-optik dan transmisi gelombang micro.

Jaringan bernilai tambah

Jaringan bernilai tambah disediakan oleh penjual yang bukan hanya menyediakan sirkuit tetapi juga menyediakan banyak jasa yang diperlukan untuk menggunakan sirkuit itu bagi EDI.

Perkembangan Internet

Asal muasal Internet dapat ditelusuri ke tahun 1979,ketika pemerintah A.S. membentuk suatu jaringan yang dinamakan APRANET,dan terhadap berbagai upaya yang dimulai pada tahun 1989 yang mengarah ke apa yang sekarang dikenal sebagai  “world-wide-web”.

 

 

 sumber :buku SIM

pengarang :mac leod

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: