TUGAS BAGIAN 2

26 Okt

HANDRIANUS WALMOND TAN

33111187

2DB05

Bagian  2

MENGGUNAKAN TEKNOLOGI INFORMASI UNTUK KEUNGGULAN KOMPETITIF

 

Keunggulan Kompetitif

Keunggulan kompetitif dapat dicapai melalui banyak cara,seperti menyediakan barang dan jasa dengan harga yang murah,menyediakan barang dan jasa yang lebih baik dari pesaing,dan memenuhi kebutuhan khusus suatu segmen pasar tertentu.

Sistem Nilai

Sepuluh atau dua puluh tahun yang lalu, sudah cukup bagi bagi manajemen untuk berkosentrasi menciptakan rantai nilai perusahaan. namum sekarang manajemen menyadari keunggulan yang dapat dicapai dengan mengaitkan rantai nilai perusahaan dengan rantai nilai perusahaan dengan rantai nilai organisasi lain.

 

Jenis-jenis sumber daya informasi :

  • Ø Perangkat Keras komputer
  • Ø Perangkat lunak komputer
  • Ø Spesialis informasi
  • Ø Pemakai
  • Ø Fasilitas
  • Ø Database
  • Ø Informasi

 

 

 

Perencanaan Strategis Sumber Daya Informasi

Selama beberapa tahun terakhir,jasa informasi mungkin telah mencurahkan lebih banyak perhatian pada perencanaan strategis dari pada sebagian besarbidang yang lain. Aktivitas ini awalnya adalah transformasi kumpulan strategi atau istilah yang lebih baru, yaitu Perencanaan Strategis Sumber Daya Informasi telah menjadi populer. Ketika jasa informasi mulai mengembangkan rencana-rencana strategis,pendekatan yang di anjurkan adalah mendasarkan recana tersebut sepenuhnya pada tujuan strategis perusahaan,yang diistilahkan dengan kumpulan strategi organisasi.

 

Isi dari Rencana Strategis Sumber Daya Informasi

Tiap perusahaan akan mengembangkan suatu rencana strategis sumber daya informasi  yang memenuhi kebutuhannya sendiri. Intinya,rencana itu harus menjelaskan :

1. Tujuan-tujuan yang akan dicapai  oleh tiap subsistem CBIS selama periode yang tercakup dalam jangka waktu perencanaan.

2. Sumber daya informasi yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan tersebut.

Sebagai contoh bagaimana rencana tersebut dapat memenuhi kebutuhan subsistem CBIS tertentu, misalkan suatu sistem persediaan akan dimodifikasi agar kemungkinan pesanan pelanggan ditangani lebih cepat.

 

End – User Computing sebagai Masalah strategis

 

Tidak semua orang yang ikut serta dalam EUC memiliki tingkat pengetahuan yang sama tentang komputer. Para pemakai akhir dapat dikelompokan menjadi empat golongan  berdasarkan kemampuan mereka.

 

 

  1. Pemakai akhir tingkat Menu
    sebagian pemakai akhir tidak mampu menciptakan perangkat lunak mereka sendiri,tetapi dapat berkomunikasi dengan perangkat lunak dengan menggunakan menu-menu seperti yang ditampilkan oleh perangkat lunak Windows dan Mac.
  2. Pemakai akhir tingkat Perintah
    sebagian pemakai akhir memiliki kemampuan menggunakan perangkat  lunak jadi yang lebih dari sekedar memilih menu dan dapat menggunakan bahasa perintah dari perangkat lunak untuk melaksanakan operasi aritmatika  dan logika pada data.
  3. Pemakai akhir tingkat Progamer
     sebagian pemakai akhir dapat menggunakan bahasa – bahasa progam seperti BASIC atau C++  dan mereka dapat mengembangkan progam – progam yang sesuai dengan kebutuhan mereka sendiri.
  4. Personal  Pendukung Fungsional
    di sejumlah perusahaan ,para spesialis informasi adalah anggota dari unit-unit fungsional, bukannya unit jasa informasi.personal pendukung fungsioanal adalah spesialis informasi dalam arti sesungguhnya,tetepi mereka berdedikasi pada area pemakai tertentu  dan melapor pada manajer fungsional  mereka.

Jenis – jenis Aplikasi akhir

  • Sistem pendukung keputusan (DSS) yang relatif mudah
  • Aplikasi kantor virtual yang memenuhi kebutuhan perseorangan
  • Aplikasi SIM dan SIA
  • DSS yang rumit
  • Aplikasi kantor virtual yang memenuhi kebutuhan organisasional
  • Sistem berbasis pengetahuan

Manfaat End – User Computing

ü Menyeimbangkan kemampuan dan tantangan
pemindahan beban kerja dari pengembangan sistem ke area pemakai membebaskan  para spesialis untuk berkosentrasi pada sistem yang rumit dan berlingkup organisasi,sehingga mereka dapat bekerja lebih baik pada area bidang tersebut.

ü Mengurangi kesenjangan komunikasi
kesulitan komunikasi antara pemakai dan para spesialis informasi telah mengganggu pegembangan sistem sejak masa awal adanya komputer.

 

Resiko End – User Computing

  • Ø Sistem yang Buruk Sasarannya
    pemakai akhir mungkin menggunakan komputer untuk aplikasi yang seharusnya dilakukan dengan cara lain.
  • Ø Sistem yang Buruk Rancangannya  dan  Dokumentasinya
    pemakai akhir,walau memiliki pengetahaun yang tinggi tentang komputer,tidak dapat menandingin profesionalisme spesialis informasi dalam hal merancang sistem.
  • Ø Penggunaan Sumber Daya Informasi yang tidak Efisien
    apabila tidak ada pengendalian terpusat atas perolehan perangkat keras dan perangkat lunak,perusahaan akhirnya dapat memiliki perangkat keras yang tidak kompatibel dan perangkat lunak yang berlebihan.
  • Ø Hilangnya Integritas Data
    pemakai akhir mungkin kurang berhati-hati dalam memasukan data kedalam database perusahaan sehingga pemakai lain mungkin menggunakan data salah namum mengira bahwa data tersebut tepat dan dapat membuat manajer membuat keputusan yang keliru.
  • Ø Hilangnya keamanan
    dengan cara yang sama,pemakai akhir mungkin tidak melindungi data dan perangkat lunaknya.kriminal komputer dapat mengakses sistem  dan membahayaka perusahaan.
  • Ø Hilangnya  pengendalian
    para pemakai mengembangkan sistem untuk memenuhi kebutuhan mereka sendiri tanpa menyesuaikan pada rencana yang memastikan dukungan komputer bagi perusahaan.

Konsep Manajemen Sumber Daya Informasi

 

Memandang informasi sebagai suatu sumber daya bukanlah hal yang baru. Manajemen sumber daya informasi  adalah akktivitas yang dijalankan oleh manajer pada semua tingkatan dalam perusahaan dengan tujuan mengidentifikasi,memperoleh,dan mengelola sumber daya informasi yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan pemakai.

 

Model IRM

  1. Lingkungan perusahaan
  2. Eksekutif perusahaan
  3. Bidang fungsional
  4. Sumber daya informasi

 

 

 

sumber : buku SIM
pengarang : mac leod

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: