TULISAN “PELANGGARAN HAM YANG TERJADI DI INDONESIA”

7 Apr

NAMA   : HANDRIANUS WALMOND TAN

NPM     : 33111187

KELAS : 2DB05

PELANGGARAN HAM YANG  TERJADI  DI  INDONESIA

HAM / Hak Asasi Manusia adalah hak yang melekat pada diri setiap manusia sejak awal dilahirkan yang berlaku seumur hidup dan tidak dapat diganggu gugat siapa pun.

Namun seperti yang kita ketahui di Indonesia masih banyak terjadi kasus pelanggaran HAM yang terjadi.

 

Contoh pelanggaran HAM :

Kasus penembakan hingga menyebabkan tewasnya empat warga NTT di Lapas Cebongan, Sleman, Yogyakarta oleh oknum tak dikenal merupakan pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM). Karena itu Komnas HAM harus turun tangan dan perlu dibentuk Tim Pencari Fakta (TPF) untuk mengungkapkan kasus dimaksud.

Terlepas dari para korban adalah tersangka kasus pembunuhan Santoso, tapi keempat korban juga adalah anak negeri yang harus mendapat keadilan hukum. Bukan sebaliknya diperlakukan dengan cara-cara yang melanggar hukum. “Sebagai anak negeri yang sedang menjalani proses hukum di LP, mereka harusnya berada dibawah perlindungan negara. Tapi ternyata mereka harus mati di tangan negara, dibantai secara keji seperti itu. Ini sangat tidak adil dan merupakan pelanggaran HAM,”

Dan  berharap agar aparat berwenang bisa kembali mengusut tuntas kasus pembunuhan Santoso di Hugos Cafe, sehingga bisa diketahui apa sebenarnya yang melatarbelakangi peristiwa tersebut. Meskipun empat tersangka sudah meninggal, namun ada saksi lain yang bisa memberikan kesaksiannya.
“Dengan kesaksian itu, motif dari kasus awal pembunuhan di Hugos Cafe dan kasus pembantaian di LP Sleman ini bisa terungkap. Karena semua peristiwa tentu ada sebabnya.

Untuk diketahui, empat warga NTT tewas ‘dibantai’ secara keji saat menjalani proses hukum di LP Sleman Jogyakarta, Sabtu (23/3/2013) dini hari. Mereka adalah Hendrik Angel Sahetapi alias Deki (31 tahun), Yohanes Juan (38), Gameliel Yermianto Rohi Riwu alias Adi (29), dan Adrianus Candra Galaja alias Dedi (33). Tiga nama pertama tercatat sebagai warga Tegal Panggung, Yogyakarta. Sedangkan Dedi beralamat di Kabupaten Nagekeo-NTT.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: