Tugas 2 Pegadaian

9 Mar

NAMA : HANDRIANUS WALMOND TAN

NPM   : 33111187

KELAS : 3DB05

Pegadaian

Pengertian Pegadaian

Pegadaian merupakan salah satu lembaga keuangan bukan bank di Indonesia yang mempunyai aktifitas pembiayaan kebutuhan masyarakat, baik bersifat produktif maupun konsumtif, dengan menggunakan hukum gadai. Pada dasarnya transaksi pembiayaan yang dilakukan oleh pegadaiam sama dengan prinsip peinjaman melalui lembaga perbankan, namun yang membedakannya adalah dasar hukum yang digunakan yaitu hukum gadai.

Menurut Kitab Undang-undang Hukum Perdata pasal 1150, gadai adalah suatu hak yang diperoleh pihak yang mempunyai piutang atas suatu barang bergerak. Barang bergerak tersebut diserahkan oleh pihak yang berutang kepada pihak yang berpiutang. Pihak yang berutang memberikan kekuasaan kepada pihak yang mempunyai piutang untuk memiliki barang yang bergerak tersebut apabila pihak yang berutang tidak dapat melunasi kewajibannya pada saat berakhirnya waktu pinjaman.

Di Indonesia, lembaga pembiayaan dengan menggunakan dasar hukum gadai bersifat monopoli, yaitu dikenal dengan Perusahaan Umum Pegadaian. Tugas utama Perum Pegadaian adalah memberikan pinjaman kepada masyarakat berdasarkan hukum gadai untuk mencegah berkembangnya kegiatan informal dari renternir atau yang lainnya yang memberikan pinjaman dengan tingkat bunga yang sangat tinnggi dan merugikan.

 Asal mula Pegadaian

Usaha gadai di Indonesia dimulai pada zaman penjajahan Belanda (VOC) dimana pada saat itu tugas pegadaian adalah membantu masyarakat untuk meminjamkan uang dengan jaminan gadai. Pada mulanya usaha ini dijalankan oleh pihak swasta, diambil oleh pemerintah Hindia Belanda. Kemudian dijadikan perusahaan negara, menurut undang-undang pemerintah Hindia Belanda pada waktu itu dengan status Dinas Pegadaian.

Dalam sejarah dunia usaha pegadaian pertama kali dilakukan di Italia. Kemudian dalam perkembangan meluas ke wilayah-wilayah Eropa lainnya seperti Inggris, Prancis dan Belanda. Oleh orang-orang Belanda lewat pihak VOC usaha pegadaian dibawa masuk ke Hindia Belanda.

Di zaman kemerdekaan, pemerintah Replublik Indonesia mengambil alih usaha Dinas Pegadaian dan mengubah status pegadaian menjadi Perusahaan Negara (PN) Pegadaian berdasarkan Undang-Undang No. 19 Prp.1960. Perkembangan selanjutnya pada tanggal 11 Maret 1969 berdasarkan Peraturan Pemerintah RI No.7 Tahun 1969 PN Pegadaian berubah menjadi Perusahaan Jawatan (Perjan). Kemudian pada tanggal 10 April 1990 berdasarkan Peraturan Pemerintah No.10 Tahun 1990  Perjan Pegadaian berubah menjadi Perusahaan Umum (Perum) Pegadaian. Sampai saat ini lembaga yang melakukan usaha berdasarkan atas hukum gadai hanyalah Perum Pegadaian.

Jasa Lain Selain Gadai di Pegadaian

Di pegadaian, Ternyata ada jasa lain lho selain gadai, saya juga tau setelah dapat info dari sana sini. Jasa lain yang umum di pegadaian ini antara lain beli emas batangan kredit, jasa kirim dan terima uang lewat western union, pinjaman uang dengan jaminan BPKB kendaraan bermotor, pinjaman uang khusus untuk ibu-ibu rumah tangga, Pinjaman uang dengan jaminan emas khusus pengusaha, jasa penitipan emas, dan jasa sertifikasi emas. Jasa-jasa yang lainnya sebenarnya masih ada, tapi yang umum dijumpai, ya jasa yg seperti saya sebutkan di atas.

Untuk beli emas batangan secara kredit (sebutannya MULIA), pertama-tama kita datang ke pegadaian, menanyakan harga emas MULIA ini, kalau cocok, baru deh kredit. Harga dasar emas ini bergantung pada harga emas PT. Aneka Tambang, kita dapat melihat sendiri harganya di situs resmi PT. Aneka Tambang, yaitu www.logammulia.com. Saran saya, kalau mau kredit emas ini, tunggu harga emas lagi turun aja, biar lebih murah harganya. Jangka waktu kredit emas ini mulai dari 1 bulan- 36 bulan lho, jadi hampir sama kayak nabung, tapi ini dalam bentuk emas. Emas batangannya sendiri dapat diambil jika kredit kita sudah lunas, beda dengan kredit motor,motornya bisa di pakai. hehe.. oh ya, jika kita sudah memutuskan untuk kredit emas di suatu waktu dan telah membayar DP, walaupun harga emas besok-besok naiknya selangit, cicilan kita tidak akan berubah lho, jadi tetap berdasarkan harga waktu kita DP emas itu.

Yang kedua, jasa kirim dan terima uang lewat Western Union (sebutannya KUCICA). Ternyata tidak bank dan kantor pos saja yang bisa menggunakan jasa ini, tetapi sekarang pegadaian juga bisa. Jadi jika kita dapet kiriman dari keluarga atau kenalan kita lewat western union, kita bisa ngambil kiriman uang itu di pegadaian. begitu juga kalau kita mau ngirim uang ke kenalan dan saudara kita tetapi mereka atau kita tidak mempunyai rekening bank, kita bisa menggunakan jasa ini, dengan biaya pengiriman yang standar. oh ya, kalo kita mau ngambil uang kiriman, tidak dikenakan biaya alias free lho,cukup bawa fotokopi ktp saja. kalau mau cepet, cari aja kantor pegadaian yang agak sepi,vbiar transaksi jadi cepat dan ga ngantri-ngantri.

Yang ketiga, pinjaman uang dengan jaminan BPKB kendaraan bermotor (sebutannya KREASI). Kalau pinjaman tipe ini, hanya khusus untuk pengusaha kecil dan mikro, bukan untuk semua masyarakat. Jadi yang punya usaha aja yang bisa pinjam uang dengan jaminan BPKB ini. Cara pinjamnya kita langsung datang ke kantor pegadaian, Tanya syarat-syaratnya, trus lengkapi syarat-syaratnya, dan selanjutnya di ajuin deh ke pegadaian. nanti sama orang pegadaian disurvei dulu usahanya dan kendaraannya, kalau memenuhi syarat pegadaian, baru deh tu kredit bisa cair. Prosesnya mungkin berkisar antara 1-7 hari tergantung dari pihak pegadaiannya,malah mungkin bisa lebih dari seminggu. untuk informasi lebih lanjut, bisa langsung datangi kantor pegadaian terdekat. hampir lupa, bunganya 1% perbulan dan sistem angsuran tetap perbulan, jangka waktu angsuran mulai dari 1 tahun sampai dengan 3 tahun.

Yang keempat, pinjaman khusus untuk ibu-ibu rumah tangga (sebutannya KRISTA). Pinjaman ini khusus untuk ibu-ibu rumah tangga yang mempunyai usaha sangat mikro yang tergabung dalam suatu kelompok usaha. Jadi untuk memperoleh pinjaman ini, harus ada kelompok usaha nya dulu. Untuk jaminannya, boleh dibilang tidak ada jaminan, karena tidak ada barang yang diserahkan ke pegadaian, tetapi sebenarnya masih menggunakan  barang jaminan, yaitu perabot rumah tangga kita, seperti tv, kursi, lemari, tempat tidur, kompor, dll,, tetapi barang jaminan ini tidak di simpan oleh pegadaian, melainkan tetap di taruh di rumah kita masing-masing. untuk besarnya pinjaman dan jangka waktu cicilan serta syarat-syarat pengajuan pinjamannya, silahkan Tanya langsung ke kantor pegadaian terdekat.

Yang kelima, pinjaman dengan jaminan emas khusus pengusaha (sebutannya KRASIDA). Nah, apa bedanya pinjaman emas khusus pengusaha ini dengan gadai emas biasa? Bedanya itu terletak pada bunganya. Bunga pinjaman ini lebih kecil daripada bunga/sewa modal gadai emas. Misalnya kalau untuk gadai gol C bunganya 2,6%, maka untuk pinjaman KRASIDA ini bunganya hanya 1% perbulan. murah kan? Syarat dan ketentuannya sama seperti kredit BPKB (KREASI) di atas, Cuma yang beda itu barang jaminannya.

Untuk yang keenam dan ketujuh, yaitu jasa penitipan emas dan sertifikasi emas, silahkan Tanya langsung ke kantor pegadaian terdekat, karena sepengetahuan saya, dua jasa ini tidak semua kantor pegadaian yang menjalankannya..

Sebenernya sih masih banyak lagi jasa yang di tawarkan oleh pegadaian, seperti gadai syariah, ARRUM, persewaan gedung, dll (lihat di www.pegadaian.co.id), mungkin nanti akan di bahas kalau saya sudah benar2 memahami.hehehe

Untuk sementara ini, sekian dulu informasi yang saya ketahui mengenai jasa pegadaian. Kalau ada temen-temen  yang lebih mengerti dan ingin menambahkan,atau malah ingin mengoreksi tulisan saya, silahkan saja asal itu memang fakta di lapangan.

Aktivitas usaha Pegadaian

Kegiatan yang dilakukan oleh Perum Pegadaian sebagai satu-satunya lembaga pembiayaan berdasarkan hukum gadai dalah melakukan aktivitas pembiayaan dan menawarkan produk berupa sejumlah jasa non-gadai.

Pembiyaan pada pegadaian adalah aktivitas penyaluran dana yang berasal dari modal perusahaan atau dana-dana yang berhasail dihimpun oleh Perum Pegadaian. Pegadaian memiliki misi utama yang bersifat social, yaitu membantu masyarakat yang berpenghasilan menengah kebawah, berupa bantuan keuangan untuk tujuan yang mendesak.

Prosedur dalam lembag pembiayaan ini sangat sederhana. Yakni, pihak yang berhutang membawa jaminan berupa barang bergerak untuk kemudia ditukarkan dengan sejumlah dana yang sesuai dengan nilai taksiran, dana pembiyaan ini dilakukan dalam jangka waktu tertentu. Perum Pegadaian menerima pendapatan berupa bunga dan biaya lainnya atas pembiyaan ini. Pendapatan dari binga merupakan pendapatan yang dominant dibandingkan dengan aktivitas Perum Pegadaian lainnya.

Jenis kredit inovatif dari perum Pegadaian

Pelaksanaan penyaluran kredit mikro dipegadaian telah berhasil dengan baik, terutama penyaluran kredit ke usaha mikro, kecil dan menengah. Sebagai lembaga keuangan mikro milik pemerintah, Perum Pegadaian ingin berperan sebagai soko guru atau sebagai Pembina UMKM sehingga dapat memberikan nilai yang positif.

Trust atau kepercayaan merupakan modal bagi Perum Pegadaian untuk menaikan citra perusahaan ini dilinghkungan usaha mikro dan kecil. Langkah nyat Perum Pegadaian adalah dengan meluncurkan usaha mikro dan kecil yang dikenal dengan kreasi (Kredit Angsuran Fidusia) dan Krasida (Kredit Angsuran Gadai). Kreasi adalah pemberian pinjaman uang dengan menggunkan prinsip fidusia.kredit atas dasar fidusia adalah pengikatan jaminan dengan lembaga pengikatan jaminan secara sempurna dan memberikan hak preferen kepada kreditur. Sedangkan Krasida adalah pemberian jaminan uang dengan menggunkan prinsip gadai.

Faktor pertimbangn utama dalam pemberian pinjamna adalah analisis Cash Flow dengan maksimum kredit yang diberikan adlah 50 juta rupiah untuk pengusaha mikro dan 250 juta untuk pengusaha kecil. Perum Pegadaianmengakui prosfek kredit untuk UMKM sangat besar dan potensial, nemun memiliki resiko yang jauh lebih besar dibandingkan dengan gadai konvensional. Resiko tersebut akan diminimalkan melalui penerapan manajemen resiko dalam semua bidang usaha Perum Pegadaian.

Barang-Barang yang dapat digadaikan

Perum pegadaian memberikan batasan beberapa jenisa barang yang dapat digadaikan. Perusahaan tersebut hanya menerima jenis barang yang dinilai sebagai barang yang bergerak saja. Barang- barang yang bergerak yang dapat digadaikan adalah sebagai berikut:

•          Perhiasan dan emas

•          Kendaraan, seperti sepeda motor, mobil dan jenis kendaraan lainnya.

•          Barang-barang elektronik

•          Barang-barang Rumah Tangga

•          Mesin-mesin yang tidak ditanam

•          Barang lain yang dinilai berharga oleh Perum Pegadaian

Sumber :

http://accounting-media.blogspot.com/2013/05/pengertian-dan-aktivitas-usaha-pegadaian.html

http://ardian07.wordpress.com/2010/01/04/pegadaian/

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: